Saturday, October 8, 2016

Pontianak Kota Wisata Paling Menarik di Indonesia

Tags


Pontianak Kota Wisata Paling Menarik di Indonesia - Pontianak merupakan ibukota provinsi Kalimantan Barat. Kota Pontianak yang terletak disalah satu pulau terbesar di Indonesia ini memiliki pesona wisata yang tidak  kalah dengan tempat-tempat wisata didaerah lain. Dengan keragaman budaya dari tiga suku yaitu Melayu Dayak dan China yang mendominasi wilayah pontianak menjadikan kearifan lokal yang khas dan menarik yang bisa mejadi destinasi wisata anda. Kota Pontinak dengan wilayah geografis yang dilintasi sungai terpanjang di Indonesia ini yaitu sungai Kapuas menjadi ibukota provinsi yang memiliki wisata air yang membelah kota. Belum lagi keunikan kuliner khas kota Pontianak yang menggiurkan bagi penikmat jajanan khas daerah yang tidak bisa anda peroleh ditempat lain. Selain itu kota Pontianak juga mempunyai icon dan tempat-tempat bersejarah yang menjadi cikal bakal adanya kota Pontianak.

Sesuai dengan keyword - Pontianak Kota Wisata Paling Menarik di Indonesia - saya hanya akan menjelaskan kenapa kota Pontianak paling menarik di Indonesia. Berita Terbaru dan Informasi Terkini terkait hal-hal menarik yang ada di Kota Pontianak akan saya jelaskan sebagai berikut:

Wisata Air
 
Sumber: Dokumen Pribadi
Kota Pontianak mempunyai keunikan tersendiri dengan dilintasi dua sungai sekaligus, yaitu Sungai Kapuas dan Sungai Landak yang berada ditengah kota. Apabila anda berkunjung di kota Pontianak anda bisa merasakan suasana seperti tempat wisata luar negeri bangkok yang menggunakan transport air sebagai sarana untuk menjelajahi kota. Hal ini seperti yang sedang di rancang oleh Pemkot Pontianak untuk membuat Water Front yang berada di sepanjang tepian sungai Kapuas. Dengan sumber daya alam berupa sungai ini dapat dimanfaatkan sebagai tempat wisata paling menarik di Indonesia. Hal yang menariknya adalah anda dapat menjumpai beberapa tempat icon dan bersejarah selama melintasi sungai ini disepanjang kota Pontianak. Berikut urutan tempat-tempat pemberhentian yang bisa anda kunjungi selama menaiki perahu wisata di sungai Kapuas.

1. Masjid Jami Keraton Kadariyah
Anda bisa memulai perjalanan wisata air dari bagian timur kota Pontianak yang dikenal dengan sebutan Banjar Serasan. Dari sini Anda akan menaiki perahu sekaligus bisa memesan dan menikmati masakan khas Pontianak yaitu Asam Pedas Ikan. Kemudian perahu akan berlayar kearah barat, kita akan di suguhkan dengan pemandangan Jempatan Sungai Kapuas 1 yang cukup indah dengan warna-warni lampu kendaraan yang melintasinya ketika malam hari. Tidak jauh setelah itu sebelah kanan anda akan menjumpai tempat bersejarah pertama kota Pontianak, yaitu Masjid Jami' dan Keraton Kadariyah. Kedua tempat ini menjadi cikal bakal tempat pertama kota Pontianak. Anda bisa singgah sekaligus berjalan disekitar pemukiman warga yang terletak ditepian kapuas. Anda akan disuguhkan kearifan budaya lokal berupa "bahase melayu pontianak" yang hampir sama dengan bahasa melayu disemenanjung Malaysia. Untuk lebih lengkap mengenai Keraton Kadariyah anda bisa lihat di Wisata Pontianak
Sumber: Dokumen Pribadi
2. Taman Alun-Alun Kapuas
Ketika anda telah mengunjungi Masjid Jami dan Keraton Kadariyah anda akan dibawa terus mengikuti sungai hingga menuju ke taman alun-alun kapuas. Tempat ini merupakan wahana rekreasi keluarga yang berupa taman ditepian sungai Kapuas. Tempat ini sangat ramai dikunjungi ketika hari libur weekend oleh warga pontianak yang hanya sekedar duduk santai sambil merasakan angin sepoi-sepoi sungai Kapuas. Ditempat ini juga terdapat terdapat beberapa perahu yang sengaja disediakan untuk mengantar anda menyusuri wilayah Pontianak jalur air.
Sumber: Dokumen Pribadi
3. Tugu Khatulistiwa
Salah satu tempat menarik lainnya yang tidak ada didaerah lain adalah Menara Equator atau Tugu Khatulistiwa. untuk sampai ditempat ini anda hanya perlu beberapa menit dari taman alun-alun Kapuas, tepatnya sebelah kanan sungai. Anda bisa berhenti sejenak ditempat ini untuk masuk kedalam museum yang  berada dibawah tugunya. Didalam museum kita dapat melihat monumen asli dari Tugu Khatulistiwa. Ada hal menarik lain dari tempat ini diantaranya disudut tempat tertentu didalam museum atau disekitaran Tugu Khatulistiwa anda bisa membuat telur ayam berdiri tegak. Selain itu disetiap tanggal Antara 21 - 23 Maret dan 21 - 23 September Pemkot Kota Pontianak memperingatinya sebagai hari Titik Kulminasi, yaitu jika kita berdiri disekitaran Tugu Khatulistiwa pada siang hari tidak akan muncul bayangan karena matahari tepat berada diatas kepala kita.
Sumber: Dokumen Pribadi

Wisata Kota
Perjalanan dimulai dari Gerbang Kota Pontianak yang berada di Jalan Ahmad yani. Terdapat beberapa hal menarik lain yang disuguhkan apabila anda berkunjung di kota Pontianak ini. Keharmonisan ragam budaya antar etnis yang saling menghargai merupakan salah satunya. Dikota Pontianak sendiri di domisili beberapa suku besar yang masih memegang erat kebudayaan masing-masing. Budaya melayu seperti Robo'-robo, acara-acara kesultanan melayu, pesta meriam karbit pada saat bulan ramadhan dan beberapa acara lain di keraton Pontianak. Suku Dayak dengan budaya Gawai Dayak yang diselenggerakan tiap tahun dan beberapa acara lain. Budaya china yang pada tiap tahunnya selalu diselenggarakan perayaan Cap Go Meh dengan menampilkan Barongsai dan Naga. Ketiga budaya ini harmonis besinergi dengan rukun menyemarakan kota Pontianak.

Untuk tempat-tempat yang bisa anda kunjungi dikota Pontianak dari jalur darat seperti:
1. Masjid Mujahidin
Sumber: simas.kemenag.go.id
2. Rumah Radakng
Sumber: indonesia-tourism.com
3. Gereja Katedral
Sumber: rodajaya.pontianak.com
4. Museum Kalimantan Barat
Sumber: wisatapontianak.com
5. Tugu/Taman Digulis
Sumber: pontianak.kotamini.com

Wisata Kuliner
Makanan juga bisa menjadi simbol atau icon sebuah daerah. Beberapa makanan khas yang bisa cari kota Pontianak adalah sebagai berikut:

1. Sotong Pangkong
Sumber: garagara.id
Keunikan dari makanan ini adalah sesuai dengan namanya. Sotong merupakan Jenis hewan laut yang cukup populer dimasyarakat tetapi di Pontianak cara penyajiannya cukup unik yaitu ditumbuk hingga pipih yang dalam bahasa Pontianaknya adalah "Pangkong". Makanan ini bisa di cari dijalan Merdeka.

2. Bingke
Sumber: bingkealhisyam.files.wordpress.com
Bingke atau yang disebut Bingke Berendam adalah kue yang bertekstur lebut dan berlemak dengan banyak varian rasa. Untuk anda yang baru pertama kali mengunjungi Pontianak wajib mencoba makanan khas ini. Bingke ini dapat anda peroleh disekitaran Jalan Imam Bonjol.

3. Bubur Padas
Sumber: kooliner.com

Makanan ini sebenarnya berasal dari kabupaten sambas yang terletak 224 KM dari kota Pontianak, namun kita dapat menjumpai juga di kota Pontianak. Bubur Padas menjadi salah satu menu yang ditawarkan untuk anda yang baru mengunjungi kota Pontianak. Keunikan bubur ini sebenarnya bukan karena pedas yang tersemat dinamanya melainkan kebalikannya bubur ini tidaklah pedas. Bubur ini dicampur dengan banyak sayuran sehingga sangat baik dikonsumsi oleh siapapun.

4. AloeVera/Lidah Buaya
Sumber: kalimantanshop.com
Dikota Pontianak terdapat Aloevera Center atau pusat pengolahan lidah buaya yang terletak dijalan 28 Oktober. Lidah buaya dapat diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman yang menyehatkan. Salah satu jajanan yang terbuat dari lidah buaya adalah Dodol lidah buaya. Selain itu dapat pula menjadi berbagai macam olahan minuman.

Keunikan dan hal menarik tersebut hanya dapat anda rasakan ketika datang langsung ke kota Pontianak, untuk itu ayo berkunjung ke kota Pontianak."awak datang kame'sambot". Salam Borneo
Artikel ini ikut serta dalam lomba mini SEO Blogger Pontianak dan disponsori oleh:
The Warna Indonesia
Rental Mobil Pontianak
Roti Kap Makanan Khas Pontianak
Produk Oriflame @onlinekatalog

This Is The Oldest Page

3 komentar